Sabtu, 07 Januari 2012

tata cara sambungan internet melalui ISP

Tata Cara Penyambungan Internet Melalui ISP

Saat untuk mendapatkan akses internet secara individu, kamu perlu mendaftar dan berlangganan pada sebuah ISP, yaitu penyedia layanan internet. Setiapa ISP memiliki/ menyediakan kualitas layanan yang berbeda. Oleh karena itu, untuk memilih ISP kamu perlu memperhatikan spesifikasi ISP tersebut, kecepatan akses yang ditawarkan, dan tarif layanannya. Setelah mendaftar ke ISP, kamu akan mendapatkan username dan password dari ISP itu yang harus dimasukkan pada saat mulai mengakses internet. ISP biasanya juga memberikan panduan teknis penyettingan komputer untuk mengakses internet. Setting tersebut berbeda-beda untuk tiap ISP. Namun demikian kamu juga dapat memperoleh akses internet langsung dari jaringan komputer yang telah tersambung ke internet. Pembahasan berikut ini menjelaskan bagaimana kamu mempersiapkan komputer untuk kemudian bisa mengakses internet.

Langkah penting untuk melakukan koneksi internet adalah menginstal perangkat keras berupa modem. Modem merupakan perangkat perantara antara komputer dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan saluran telepon agar dapat berhubungan dengan ISP yang menyediakan layanan internet. Dalam penyambungan internet melalui ISP ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu Menginstal Modem Dial Up, Menginstal Dial Up Networking, Melakukan Koneksi Internet via ISP.

1. Menginstal Modem Dial Up
Berikut ini akan ditunjukan prosedur instalasi modem dalam sistem operasi Windows XP.
  1. Klik Start => Control Panel
  2. Klik dua kali ikon Phone and Modem Option. Catatan : Jika tampilan Control Panel berbeda dengan contoh berikut, klik Switch to Classic View agar kamu tidak bingung.
  3. Pada tampilan berikutnya, klik tab Modem. Selanjutnya klik tombol Add. 
  4. Untuk meminta Windows mendeteksi modem kamu, biarkan kotak di sebelah kiri opsi Don't detect my modem, I will select from a list tetap kosong. Namun, jika kamu tak ingin Windows mendeteksi langsung modem kamu, klik kotak tersebut hingga muncul checklist (centang). Selanjutnya klik Next.
  5. Windows akan mendeteksi modem kamu. Setelah proses deteksi selesai, klik Next. Klik Finish untuk mengakhiri prosedur instal modem ini. Modem telah terinstal di komputermu.
Dengan menggunakan langkah-langkah di atas, kamu dapat menginstal modem yang kamu miliki. Namun, jika ternyata untuk modem tipe tertentu prosedur instalasi ini gagal, kamu harus membaca buku panduan yang disertakan saat pembelian modem tersebut dan mencari jawabannya di sana. Ada juga kemungkinan modem yang kamu pasang langsung terdeteksi oleh Windows karena digunakannya teknologi plug & play.

2. Menginstal Dial Up Networking
Setelah menginstal modem, kamu perlu menginstal Dial-Up Networking (jika belum terinstal). Berikut ini akan ditunjukan prosedur instalasi Dial-Up Networking pada Windows XP. Dalam pembahasan ini diumpamakan ISP yang dipilih adalah D~Net yang beralamat di http://www.sby.dnet.net.id
  1. Klik Start => Control Panel 
  2. Jendela Control Panel akan terbuka. Jika tampilannya berbeda seperti contoh, klik Switch to Classic View.
  3. Klik Network and Internet Connections
  4. Jendela Network and Internet Connection akan terbuka, klik ikon Network Connections
  5. Jendela New Connection Wizard akan terbuka. Klik tombol Next
  6. Pilih pilihan Connect to the Internet dan klik tombol Next
  7. Pilih pilihan Set up my connection manually dan klik tombol Next
  8. Pilih pilihan Connet using a dial-up modem dan klik tombol Next
  9. Ketikkan D~Net dalam field ISP Name dan klik tombol Next
  10. Ketikan nomor dial-up D~Net pada field Phone number. Pilihan nomor akses: 5550099, 5550019, 5550098, 8450508 atau 2957100. Klik tombol Next
  11. Pilih Anyone's use dan klik tombol Next
  12. Ketikkan User name dan Password kamu dengan benar dan klik tombol Next
  13. Centang pilihan Add a shortcut to this connection to my desktop jika kamu ingin menampilkan shortcut pada desktop
  14. Klik tombol Finish
  15. Jendela Network Connection akan terbuka kembali dengan tambahan ikon D~Net di dalamanya
  16. Ikon shortcut D-Net akan muncul di desktop
  17. Klik Start => Connect To => D~Net
  18. Kotak dialog Connecting D~Net akan terbuka. Klik tombol Properties
  19. Kotak dialog D~Net Properties akan terbuka. Pastikan pilihan modem yang sesuai dengan modem yang digunakan pada field Connect using, jika belum ada, pastikan modem telah terinstal sesuai drivernya
  20. Ketikkan nomor dial-up D~Net pada field Phone number. Pilih nomor akses 5550099, 5550019, 555098, 8450508, atau 2957100
  21. Biarkan kosong pilihan Use dialing rules 
  22. Klik tombol Configure. Jendela Modem Configuration akan terbuka. Centang pilihan yang tersedia, tetapi biarkan kosong pilihan Show terminal window. 
  23. Pilih Maximum speed (bps) ke 57600 kemudian klik tombol OK
  24. Jendela D~Net Properties akan terbuka kembali dan klik tab Options, centang pilihan yang tersedia. Namun, biarkan Include Windows logon domain kosong
  25. Kik tab Networking, pilih PPP: Windows 95/98/NT4/2000, Internet pada pilihan Type of dial-up server I am calling
  26. Sorot pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP) dan klik tombol Properties
  27. Jendela Internet Protocol (TCP/IP) Properties akan terbuka, kemudian klik radio button pada pilihan Obtain an IP address automatically dan klik OK
  28. Jendela Connecting D~Net akan terbuka kembali. Klik tombol Cancel 
  29. Setting Dial-Up Networking untuk koneksi Dial-Up telah selesai dilakukan
3. Melakukan Koneksi Internet via ISP
Pada saat mendaftar untuk mendapatkan layanan internet di ISP, kamu akan mendapatkan user name dan password serta nomor dial ISP tersebut. Setelah modem dan komponen network terinstal serta setting dial up selesai dilakukan, kamu dapat segera mengakses internet melalui ISP tersebut. Dalam hal ini kamu menghubungi (men-dial) nomor telepon ISP melalui komputermu. Biasanya pihak ISP memberikan panduan teknis dan instalasi peralatan untuk akses internet pada pelanggannya.
Berikut ini ditunjukan langkah-langkah mendial ISP langganan untuk mendapatkan akses internet pada Windows XP.
  1. Klik dua kali ikon D~Net pada desktop. Jika belum ada, buatlah dulu shorcut tersebut agar lebih praktis mengaksesnya. Atau klik Start => Connect To => D~Net 
  2. Jendela Connecting D~Net akan terbuka. Ketikkan User name dan Password kamu, kemudian klik tombol Dial
  3. Berikutnya, tunggulah sementara modem melakukan dial ke D~Net
  4. Tunggu sampai selesainya proses verifikasi username dan password
  5. Pada saat koneksi telah tersambung, akan muncul ikon komputer dengan dua layar yang berkedip pada windows taskbar (systray)
  6. Kamu telah berhasil tersambung dengan ISP kamu (D~Net)
  7. Dengan mengklik dua kali ikon komputer tadi (ikon jaringan/ network), kamu dapat melihat detail koneksi dan disitu juga untuk memutuskan koneksi, dengan cara klik tombol Disconnect
Secara garis besar, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan akses internet. Untuk akses internet langsung dari komputer ke internet, kamu harus berhbungan dengan penyedia layanan internet (ISP). Jika spesifikasi komputer kamu sudah memenuhi syarat dan juga sudah memiliki saluran telekomunikasi, kamu dapat segera menghubungi ISP untuk mendapatkan layanan akses internet. Koneksi antara komputermu dengan ISP dapat menggunakan berbagai saluran telekomunikasi seperti Saluran Telepon, ISDN, HDSL, SDSL, ADSL, VDSL, IDSL, VSAT, Radio Paket, TV Kabel, Kabel Listrik, Teknologi WAP, GPRS, WiFi. Perlu diketahui bahwa modem untuk akses internet dial up menggunakan saluran telepon biasa.

tata cara penyambungan internet melalui ISP

Untuk membuat koneksi dengan ISP Telkomnet, kita perlu melakukan beberapa tahapan berikut, 
yaitu :
a. Langkah awal untuk membuat koneksi dengan Telkomnet, yaitu bukalah‘Network Conection’ yang berada pada Start> Settings>Network Connections.
b. Kemudian pilihlah menu ‘Create a new connections’ pada bagian kiri atas, bila muncul tampilan “New Connection Wizard”maka tekan tombol ‘Next’
c. Kemudian kliklah ‘Connect to the Internet’, lalu tekan tombol ‘Next’
d. Selanjutnya kliklah ‘Set up my connection manually’ lalu tekan tombol ‘Next’
e. Kliklah ‘Connect using a dial-up modem’ lalu tekan tombol ‘Next’
f. Tuliskan nama ISP yang akan dihubungi, misalnya “Telkomnet”. Kemudian tekanlah tombol “Next’
g. Selanjutnya isikan nomor telepon ISP Telkomnet, yaitu 080989999. Kemudian tekanlah tombol ‘Next’
h. Langkah berikutnya adalah mengisikan user name dan password untuk Telkomnet, user name-nya adalah telkomnet@instan dan pasword-nyatelkom. Selanjutnya tekanlah tombol ‘Next’
i. Tekan tombol ‘Finish’ untuk mengakhiri pembangunan koneksi ke ISP, maka akan muncul tampilan ‘dial-up’ berupa tampilan “Connect Telkomnet”
j. Untuk melakukan koneksi ke Telkomnet, tekanlah tombol ‘Dial’. Kemudian muncullah tampilan yang menunjukkan komputer sedang membangun koneksi dengan Telkomnet yaitu ditandai dengan tulisan “Connecting Telkomnet…..”
k. Setelah pembangunan koneksi berhasil, maka akan muncul pesan “Telkomnet is now connected” yang menunjukkan bahwa kita telah terhubung dengan Telkomnet. Selanjutnya kita dapat nge-net sepuas-puasnya tapi musti ingat pulsa friend, meskipun cuma pulsa lokal… Soalnya ni gak gratis bosss.
l. Untuk memutuskan hubungan dari Telkomnet, klik kanan mouse pada koneksi jaringan. Kemudian pilihlah menu ‘Disconnect’.

tata cara memperoleh sambungan internet

Agar komputer dapat tersambung ke Internet dapat digunakan melalui beberapa cara:
1. Dial up yaitu Koneksi internet melalui kabel telpon rumah dengan modem analog. contoh :Telkomnet instan
2.ADSL yaitu koneksi internet melalui kabel telpon rumah dengan menggunakan modem ADSL contohnya :Speedy.
3.Kabel data Modem HP yaitu : Koneksi internet menggunakan kabel data ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
4.Bluethoot Modem HP yaitu koneksi internet melalui bluethoot yang tersambung ke HP yang sudah memiliki fasilitas GPRS.
5.USB Wirless modem GSM/CDMA yaitu koneksi internet menggunakan perangkat USB modem yang diisi dengan kartu seluler GSM atau CDMA.
6.WIFI yaitu koneksi internet melalui jaringan WIFI pada lokasi tertentu yang terdapat Hotspot area.
7.Wirless LAN yaitu koneksi internet menggunakan antena khusus tanpa kabel(Wave LAN) yang di hadapkan ke ISP.
8.V-SAT Yaitu koneksi internet menggunakan parabola yag di hadapkan ke satelit untuk memperoleh sambungan internet.
9.PCMCIA Yaitu koneksi internet menggunakan perangkat PCMCIA yang digunakan pada laptop.
10.Modem UHF yaitu koneksi internet malalui antena UHF .
11.Modem Power yaitu koneksi internet melalui kabel listrik dari PLN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar